Teknik mudah Budidaya Cabai Super Pedas Katokkon Asal Toraja

Senin, 28 September 2015

Teknik mudah Budidaya Cabai Super Pedas Katokkon Asal Toraja

Teknik mudah Budidaya Cabai Super Pedas Katokkon Asal Toraja | Cabai Katokkon merupakan sejenis Cabai atau Lombok primadona khas dari Tana Toraja. Bentuk cabenya seperti cabai Paprika tetapi cabe katoka ini bentuk mini, gemuk serta bulat pendek lagi, warnanya hijau keunguan disaat cabe masih muda, dan bewarna merah dapat menyegarkan disaat cabenya matang untuk dapat diolah menjadi bahan kuliner dengan penguat rasa makanan khas Tana Toraja yang super pedas.

Teknik mudah Budidaya Cabai Super Pedas Katokkon Asal Toraja

Cabai Katokkon mempunyai aroma yang harum serta tingkat kepedasannya nendang sekali menjadikan lada favorit di Tanah Toraja, terutama untuk para penggemar rasa pedasnya cabe, hal itu pula yang dapat menjadikan harganya cabe cukup tinggi di pasaran. Cabe katokan inilah yang banyak mengandung khasiat, serta potensi yang sangat bermanfaat untuk semua orang sehingga banyak diminati dan dicari.

Tehnik budidaya cabe katokan :

Pada pembibitan cabe katokan dapat anda mulai dari memilihan benih, mengeringkan buah, membuat pesemian, menyimpan buah, memelihara tumbuhan, dan penaburan pada benih.

Pilihlah dari benih cabe yang sudah masak pada pohon yang tidak terserang penyakit. Buah cabe yang sudah anda pilih tersebut kemudian keringkanlah dan pisahkan biji dari kulit buah cabe tersebut.

Persemaian dapat anda lakukan dengan cara membuat bedeng persemaiaan, dengan cara menyemai benih dan merawat benih yang sudah anda pilih. Sambil menunggu saatnya bibit dapat anda pindahkan untuk dapat anda tanam, maka ada dapat menggolah tanah pada lahan yang akan anda tanami dengan tujuan untuk menggemburkan tanah.

Pada penanaman dapat anda dahulukan dengan penyiapan lubang. Kemudian lubang itu isilah dengan pupuk kandang yang sudah jadi. Penyulaman pada cabe ini dapat anda lakukan paling lamanya dua minggu setelah penanaman anda mulai nantinya. Untuk pemupukan alangkah baiknya anda menggunakan pupuk alam saja untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan nantinya.

Hama yang paling sering menyerang cabe adalah kutu daun dan lalat buah, sedangkan untuk penyakit yang menyerang biasanya terjadi pembusukan pada buahnya, cara menaggulangi penyakit pada cabe tersebut yaitu dengan cara memeberi funggisida tanaman cabe yang tengah anda budidayakan tersebut.

Masa panen adalah suatu pekerjaan yang disukai oleh penanamnya sebagai setelah tanaman berumur 3-4 bualn setelahnya pindah masa tanamnya, selanjutnya setiap 3 hari sekali  dengan cara pemetikan yang berlangsung selama 8-10 bulan saja.hasil dari jerih payah yang mereka bagun. Disaat panen pertama pada cebe katokon anda dapat melakukan.

Demikian Teknik mudah Budidaya Cabai Super Pedas Katokkon Asal Toraja dari kami, semoga apa yang anda dapatkan dari refrensi tersebut bisa bermanfaat untuk anda.