Cara Pembibitan Kelapa Sawit Yang Unggul

Senin, 21 September 2015

Cara Pembibitan Kelapa Sawit Yang Unggul

Cara Pembibitan Kelapa Sawit Yang Unggul | Pembudidayaan pohon kelapa sawit ini terkadang banyak orang mengalami kesulitan, karena di sebabkan kurang tahunya tentang pembibitan yang baik, pembibitan kelapa sawit dengan memperoleh bibit unggul terjadi tempat atau lokasi kurang memungkinkan atau bisa jadi perawatanya yang tidak rutin.

Cara Pembibitan Kelapa Sawit Yang Unggul

Kelapa sawit banyak manfaatnya bagi kehidupan, pohon kelapa sawi ini memiliki keuntungan yang lumayan. Apakah anda sudah melakukan pembibitan kelapa sawit? Nah ini ada cara yang baik untuk anda simak secra detail di bawah ini.

Berikut Cara Pembibitan Kelapa Sawit Yang Unggul yaitu :

Pertama, Lokasi dan Tempat. Perhatikan dalam permukaan tanah yang akan di pilih, carilah permukaan tanah yang datar untuk meminimalisir pohon ketika besar tidak roboh dan buatlah pagar untuk penghalang pengganggu hewan yang akan merusak.

Kedua, Pilihan kecambah atau bibit. Dalam mengansumsikan untuk membudidayakan pohon kelapa sawit, lebih baik tanamlah yang lebih dengan jumlah yang di perkirakan. Jika pohon yang kita butuhkan 150 pohon maka membutuhkan kecambah atau bibit sekitar 250.

Ketiga, proses Penanaman bibit. Siapkan terlebih dahulu baybag untuk menanam kecambah ini, jauhkan dari sinar matahari agar tidak kering. Cara penanaman di dalam baybag lunbangkanlah tanah dengan ibu jari untuk di letakkanya.

Keempat, Proses Perawatan. Rawatlah dengan teratur untuk menghasilkan sebuah bibit yang baik, caranya kita sering mencabut pada bagian rumput yang menumbuhi baybag dan jangan lupa mempunyai jadwal penyiraman yang teratur.

Kelima, pemupukan di dalam baybag. Cara yang baik dalam pemupukan ini, berikan takeran yang sesuai dengan umur bibit. Sebaiknya jangan terlalu banyak dalam pemupukan, agar tidak kering pada batang pohon.

Keenam, Seleksi dan pemilihan bibit. Lakukanlah pengecekan pada suatu bibit yang tertanam di baybag tadi untuk di seleksi, pisahkan bibit yang unggul dengan cepat mengalami perkembangan. Biasanya bibit yang memiliki umur 1 bulan normal, mempunyai 3 ranting daun.

Mudahkan? Demikianlah tentang Cara Pembibitan Kelapa Sawit Yang Unggul, semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda dan semoga berhasil mempraktekanya.