Cara Pembibitan Pohon Sengon

Senin, 21 September 2015

Cara Pembibitan Pohon Sengon

Cara Pembibitan Pohon Sengon | Semua pasti tau kan dengan pohon yang satu ini? pohon sengon ini adalah pohon yang memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari ujung daun sampai ujung akarnya pohon sengon memiliki fungsi yang menguntungkan.


Cara Pembibitan Pohon Sengon
Oleh karena itu banyak petani yang ingin membudidayakan pohon sengon yang merupakan sebuah pilihan usaha yang menarik. ingin tau selengkapnya? Simaka di bawah ini.

Manfaat pohon sengon
Sudah dikatakan di atas jika pohon sengon memiliki banyak sekali manfaat dari ujung daun hingga ujung akarnya. Daun pohon sengon yang melimpah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dll, karena daun sengon mengandung protein yang tinggi. Selain itu akarnya juga bermanfaat bagi tanah, karena akar pohon sengon ini dapat meningkatkan kesuburan tanah, dan biasanya tanah bekas pohon sengon ini akan di tanami tumbuhan palawija dan hasilnya juga akan optimal. Dan yang paling banyak bermanfaat di kehidupan manusia dari pohon sengon ini adalah batangnya. Karena batang pohon sengon ini bisa di gunakan sesua dengan kebutuhan,seperti untuk perabotan rumah, pembuatan papan, dan juga bahan baku untuk pembuatan pensil, kertas dll.

Pembibitan pohon sengon
Pembibitan pada pohon sengon bisa di lakukan dengan cara generatif, yaitu menggunakan biji sengon. Pastikan pada proses pembibitan ini anda menggunakan bibit sengon dengan kualitas yang unggulan, biasanya dengan ciri- ciri memiliki ukuran yang besar, tenggelam dalam air dan bentuknya utuh. Untuk mempercepat perkecambahan biji sengon, yaitu dengan merendamnya di dalam air yang mendidih selama 20 menit, kemudian rendam lagi dnegan air dingin selama 24 jam, lalu angkat dan siap untuk di semaikan.

Proses penanaman
Sebenarnya cara menanam pohon sengon ini sama dengan cara tanam pohon- pohon yang lain, tetapi ada teknik tanam yang sedikit berbeda. Yaitu setelah bibit sengo di semaikan dan siap untuk di pindahkan ke atas lahan, maka anda harus menyiapkan penananda atau sering di sebut dengan ajir tanam dengan jarak yang ideal. Lalu tanam lah bibit sengot di ajir dengan memebuat lubang kira- kira besar dan kedalamannya 30cm. Dan sebelumnya sebaiknya anda melakukan pemupukan.

Nah, itulah cara pembibitan pada pohon sengon, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk anda.