Teknik Budidaya Pembibitan Pohon Gaharu

Senin, 21 September 2015

Teknik Budidaya Pembibitan Pohon Gaharu

Teknik Budidaya Pembibitan Pohon Gaharu | Pohon gaharu namanya sedang naik daun akhir- akhir ini. pohon gaharu ini tergolong jenis tanaman yang mudah untuk di budidayakan karena dapat tumbuh di tanah dengan jenis tanah apapun. Semua jenis tanah dapat di gunakan untuk budidaya pohon gaharu, asalkan jangan tanah seperti lumpur atau rawa. 


Teknik Budidaya Pembibitan Pohon Gaharu

Budidaya pohon gaharu ini merupakan saah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Namun beberapa hal yang harus di perhatikan saat anda ingin membudidaya tanaman pohon gaharu ini. ingin tau selengkapnya? Simak di bawah ini.

Cara pembibitan
Jika anda ingin mendapatkan hasil pohon gaharu berkualitas, maka pilih dan gunakan lah bibit yang berkualitas. Aada beberapa hal yang harus di perhatikan saat memilih bibit yang berkualitas bagus. Yaitu pastikan lah bibit sehat dan tidak terserang oleh hama, dan juga memiliki diameter 1cm dan tinggi 20- 30 cm. Bibit yang seperti itu merupakan bibit yang ideal untuk budidaya.

Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas anda harusmenyiapkan lahan untuk menanamnya. Ohon gaharu tidak memerlukan tanah yang khusus, hanya saja jarak tanam dari tiap- tiap pohon hars di perhitungkan dengan jarak yang ideal 3x3 meter. Dan untuk menanamnya siapkan lubang dengan ukuran 30x30x30 cm. Usahakan memebuat lubang 2 minggu sebelum penanaman, tambahkan pupuk agar pertumbuhan pohon gaharu lebih cepat. Waktu yang pas untuk penanaman pohon gaharu ini di lakukan saat pertengahan musim hujan.

Perawatan
Dalam budidaya pohon gaharu juga harus di lakukan perawatan. Hal perawatan yang pertama harus di lakukan adalah memberinya naungan. Naungan untuk pohon gaharu dapat di buat dari jerami ataupun daun yang berukuran lebar. Tujuannya menghindarkan pohon gaharu dari sinar matahari secara langsung. Karena pohon gaharu kurang cocok jika terkena sinar matahari terlalu banyak apalagi dalam usia muda. Sebab sinar matahari yang berlebihan bisa membuat penguapan air secara berlabihan.

Perawatan yang selanjutnya adalah penanggulangan terhadap hama dan penyakit, oleh sebab itu anda harus memberikan pestisida. Dan juga pohon gaharu ini sangat rawan terhadap serangga pemakan daun, oleh sebab itu cara menanggulanginya dengan semprotkan insektisida agar membunuh serangga atau ulat pemakan daun.

Nah, itulah cara budidaya pembibitan pohon gaharu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba usaha ini.