Cara Jitu Pembenihan Ikan Lele Dumbo

Selasa, 15 September 2015

Cara Jitu Pembenihan Ikan Lele Dumbo

Cara Jitu Pembenihan Ikan Lele Dumbo | Ikan lele dumbo merupakan spesies ikan yang familiar di lingkungan masyarakat di lakukan mulai dari pembibitan maupun pemeliharaan, ikan lele dumbo juga bisa di konsumsi sendiri dan di order ke berbagai warung makanan.

Cara Jitu Pembenihan Ikan Lele Dumbo

Memelihara ikan lele ini memang mempunyai banyak keuntungan karena adanya faktor masyarakat sekarang menyukai jenis ikan lele dumbo, tak perlu banyak waktu ketika panen ikan lele dumbo. Perkembangan yang begitu cepat membuat ikan lele ini mempermudah kita mendapatkan profit yang sesuai.

Kali ini tema yang akan di bahas ialah tentang bagaimana cara dari pembenihan ikan lele dumbo ini? nah untuk anda yang penasaran, mari kita simak bersama-sama yang di paparkan penulis di bawah ini.

Berikut Cara Jitu Pembenihan Ikan Lele Dumbo yaitu :

Pertama, Menyediakan lokasi dan wadah. Untuk lokasi pilihlah yang menurut anda strategis mudah untuk di awasi serta anda bisa gunakan terpal besar khusus menampung air, selanjutnya bersihkan dulu wadah atau tempat yang di sediakan untuk terbebas dari bau bahan kimia. Selanjutnya isilah air jernih seukuran 30 – 40 cm.

Kedua, Lele induk persiapkan. Untuk mendapatkan hasil yang baik dengan bibit unggulan pada lele dumbo berikan pakan seperti bekicot, ikan rucah, siput dan popan. Pisahkan antara induk jantan dan betina agar memudahkan kita dalam pemijahan.

Ketiga, Induk lele siap di pilih. Cara mudah untuk mengetahui induk lele yang sudah siap di pijah, organ pada genitalnya berwarna kemerahan, untuk induk jantan organ genitalnya berwarna merah dan meruncing.

Keempat, proses pembenihanya. Seperti yang sudah di jelaskan di atas tentang tempat yang sudah di beri air, ambilah induk lele terlebih dahulu yang sama banyaknya atau kita bisa lakukan sama 1:1. Dalam proses pemijahan lebih idealnya lagi pada waktu malam hari.

Kelima, Pemeliharaan pada larva. Untuk meminimalisir angka kematian, larva harus di seimbangkan pada pakanya. Setidaknya harus sesuai dengan besarnya rongga mulut pada larva agar tidak sulit ketika memakan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah tentang Cara Jitu Pembenihan Ikan Lele Dumbo, semoga informasi ini memberikan anda banyak manfaat dan jadikanlah sebagai bahan percobaan anda nantinya.