Cara Pembenihan Pada Ikan Nila

Senin, 28 September 2015

Cara Pembenihan Pada Ikan Nila

Cara Pembenihan Pada Ikan NilaMelakukan pembenihan ikan nila adalah salah satu usaha budidaya yang sangat produktif. Meskipun dengan demikian jumlah telur yang dihasilkannya sangatlah sedikit, sehingga ikan tersebut  dapat anda kawinkan setiap bulannya sampai usia produktiffitasnya habis. Kemudian apakah membudidaya ikan nila ini sangat menjadikan keuntungan bagi kita yang membudidayakannya nanti.?Tentu iya, karena Dengan membudidayakan dan mengelola benih ikan nila yang tepat dan benar, nantinya pembenihan ikan nila tersebut akan membawa usaha yang tengah anda jalankan ini bisa berhasil dan akan menjadi sangat menguntungkan sekali bagi anda.

Cara Pembenihan Pada Ikan Nila

Tempat untuk pembenihan ikan nila

Hal mendasar yang harus anda persiapkan dalam pembenihan yakni tempat ataupun kolam yang hendak anda tepati dalam pembenihan nantinya, yang terdapat 4 tipe kolam yang anda butuhkan dalam pembenihan ikan nila nantinya antara lain:

Kolam pemeliharaan induk ikan nila. Dengan sediakan tempat yang tidak terlalu luas, setidaknya cukup untuk dibuat ikan dewasa saja sekitar kurang lebih100-140 cm saja.

Kolam pemijahan ikan nila. Tempat kolam ini bisa anda buat untuk mengawinkan induk jantan dan betina, dengan dasar kolam yang dilengkapi dengan kubangan ataupun kemalir.

Kolam pemeliharaan larva. Kolam tersebut sangat diperlukan guna untuk dapat memelihara larva ikan yang baru saja menetas.

Kolam pendederan benih. Kolam tersebut sangatlah diperlukan untuk membesarkan benih ikan nila, sampai benih ikan nila yang bisa kuat untuk diperbesarkan di kolam pembesaran yang sudah anda buat tersebut.

Pemijahan pada ikan nila

Seperti yang sudah diuraikan sebelum-sebelumnya, bahwa ikan nila ini sangat gampang dalam pemijahan secara alami. Karena pemijahan ikan nila sangat mudah berinisiatif biasanya untuk bisa anda produksi bembenihan dalam jangka yang sangat besar. Supaya anda bisa membanggun infrastruktur yang membutuhkan modal besar didalam hal ini.

Pemindahan larva ikan nila

Bisa dikatakan larva apabila ikan nila sudah menetas dari hasil pembuaahan. Dan alangkah baiknya tempatkanlah ditempat yang khusus. Serta cara pemindahaannya dapat anda lakukann setelah larva berumur 5-7 hari saja.

Pendederan benih ikan nila

Setelah larva dibesarkan di tempat khusus, untuk selanjutnya lakukanlah pendederan supaya bisa mendapatkan benih ikan yang siap untuk anda budidayakan di tempat pembesaran. Kemudian pendederan hendaknya menggunakan kolam yang lebih luas lagi dari yang sebelumnya, agar ikan nila tersebut bisa bergerak lebih leluasa nantinya.

Panen pembenihan pada ikan nila

Yang harus anda perhatikan didalam pembenihan ikna nila tersebut adalah pengendalian pada hama dan penyakit. Dalam hal ini pencegahan lebih utamakanlah daripada pengobatan. Supaya penggobatan ikan ini yang sudah sakit cukup menyita sumber dayanya. Sehingga untuk lebih jelasnya lagi silahkan lihat pada hama dan penyakit nila.

Pemanenan alangkah lebih baiknya lagi apat anda lakukan pada pagi hari dan sore hari. Sehingga penggemasan serta penggakutan benih yang akan anda jual bisa menggunakan wadah yang tertutup dan juga terbuka. Untuk dapat mengirim pada jarak dekat dengan wadah yang terbuka.

Tetapi apabila pengiriman membutuhkan waktu yang lama dengan jarak yang jauh, kami anjurkan untuk tetap menggunakan wadah tertutup. Agar pengiriman dengan wadah yang tertutup bisa aman alangkah lebih baiknya anda menggunakan aerasi untuk dapat memeperkaya kandungan oksigen didalam tadah.

Demikian Cara Pembenihan Pada Ikan Nila dari kami, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Serta selamat mencobanya.